Pemain Bertahan Terbaik di NBA Saat Ini


Sumber: cdn1.vox-cdn.com

Sebuah pertahanan yang kokoh, dapat mengubah jalan sebuah pertandingan basket. Jika seorang pemain bola basket mempunyai kemampuan bertahan yang hebat, sebuah tempat di arena basket NBA sudah menunggu. Kemampuan bertahan yang baik, tetap menjadi sebuah faktor vital untuk memenangkan sebuah game.

Nah, berdasarkan data statistik basketball-reference.com dan ESPN.com, siapa saja pemain bertahan paling tangguh di NBA saat ini?

Tony Allen (shooting guard Memphis Grizzlies)
Memphis bisa dibilang sangat beruntung. Tony Allen adalah seorang on-ball defender terbaik di liga NBA saat ini. Ia boleh saja 'hanya' mempunyai tinggi badan 193,04 cm, tapi rentangan tangannya mampu mencapai hampir 210,3 cm! Panjang rentang tangan tersebut, dipadu dengan pergerakan cepat kaki serta tangannya, membuat Allen mampu menahan serangan bahkan dari para penyerang terbaik NBA sekalipun.

Joakim Noah (center Chicago Bulls)
Ini dia peraih gelar Defensive Player of the Year 2014. Center energetik lulusan University of Florida ini selalu bermain secara 'buas' dan tanpa ampun. Dia adalah pondasi utama sektor pertahanan Bulls dengan kehadiran energi, footwork, kekuatan fisik, dan timing tepatnya. Musim lalu, Noah mencetak nilai rebound tertinggi sepanjang karirnya dengan 11,3 rpg.

Serge Ibaka (power forward Oklahoma City Thunder)
Saat Ibaka bermain, Thunder selalu tampil secara berbeda. Pemain berusia 25 tahun asal Republik Kongo ini mempunyai kemampuan yang lengkap untuk bertahan dalam sebuah game, dengan fisik setinggi 185,9 cm serta naluri alamiah untuk melakukan block.

LeBron James (small forward Cleveland Cavaliers)
James adalah two-way player terbaik di NBA saat ini. Kontrol tubuhnya yang hebat membuat James mampu menahan serangan dari berbagai posisi di lapangan dengan efektif. IQ-nya soal basket benar-benar di luar nalar. Visi permainan James saat beraksi di lapangan adalah salah satu yang terbaik di dunia NBA. Walau kata defensive (bertahan) mungkin kurang melekat akrab pada diri LeBron James, pihak NBA tetap memperhatikan kemampuan nyatanya dalam menahan serangan dengan selalu memasukkan James di All-Defensive First Team selama lima tahun berturut-turut (2009-2013).

Chris Paul (point guard Los Angeles Clippers)
Jangan sampai perawakannya yang tergolong kecil untuk basket NBA menipu Anda. Chris Paul tidak takut pada siapapun. Jangan ragukan kemampuannya dalam bertahan karena ia takkan pernah berhenti menempel lawan. Tak hanya dianggap salah satu floor general terbaik di liga, CP3 juga langganan anggota All-Defensive Team sebanyak 6 kali sepanjang karirnya.

0 komentar: