Komik-komik Jepang yang Terinspirasi Olahraga Basket


Sumber: hashtagnerdswag.files.wordpress.com

Bola basket adalah olahraga yang mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia. Pengaruh basket bahkan juga bisa terlihat jelas ke industri komik Jepang (manga) sejak beberapa dekade. Berikut ini adalah deretan manga bertema bola basket yang populer di dunia, beberapa diantaranya juga banyak yang telah dibuat versi anime-nya.

Slam Dunk
Manga legendaris dari Takehiko Inoue tentang sebuah tim basket SMU Shohoku. Pertama kali diserialkan di Weekly Shonen Jump sejak tahun 1990 sampai 1996. Versi komiknya lalu dibuat menjadi sebanyak 31 volume tankobon oleh Shueisha. Toei Animation lalu mengadaptasi komik ini menjadi sebuah serial anime yang amat populer di Jepang, beberapa negara Asia lain dan Eropa. Hingga tahun 2012, Slam Dunk telah terjual hingga 120 juta kopi di seluruh dunia dan menjadi salah satu best-selling manga sepanjang sejarah.

Dear Boys
Sebuah manga karya Hiroki Yagami. Dipublikasikan pertama kali oleh Kodansha dalam Monthly Shonen Magazine. Di tahun 2007, komik ini dianugerahi Kodansha Manga Award untuk kategori shonen manga. Ceritanya sendiri berkisah tentang proses tim basket SMU Mizuho untuk menjadi juara basket SMU se-prefecture, lengkap dengan bumbu drama hubungan antar anggota tim terutama pada dua tokoh utama, Kazuhiko Aikawa dan Takumi Fujiwara.

Harlem Beat
Adalah sebuah seri manga buatan Yuriko Nishiyama. Dipublikasikan oleh Tokyopop di Amerika Serikat dan oleh Kodansha di Jepang. Harlem Beat bercerita tentang seorang pemain basket yang kerap duduk di bangku cadangan bernama Nate Torres dan perjuangannya untuk menjadi seorang pemain bola basket street-ball. Cerita ini lalu berkembang saat Torres bertambah teman hingga akhirnya masuk menjadi anggota tim basket SMU-nya.

I'll
Dipublikasikan pertama kali oleh pihak Shueisha. Versi rilisan Perancis manga ini berjudul "I'll Generation Basket". Dibuat oleh seniman Hiroyuki Asada serta (lagi-lagi) bercerita tentang tim basket SMU. Manga ini juga telah dirilis pada beberapa negara Asia, Perancis dan Italia.

Dash Kappei
Komik basket yang satu ini adalah karya Noboru Rokuda dan pertama dipublikasikan pada tahun 1980 di Weekly Shonen Sunday. Di tahun 1981, manga ini diadaptasi ke serial tv anime sebanyak 65 episode oleh Tatsunoko Production. Serial anime ini disiarkan ke seluruh Jepang oleh Fuji TV Sundays mulai 4 Oktober 1981 sampai 26 Desember 1982. Hebatnya, Dash Kappei justru meraih kepopuleran terbesarnya saat diadaptasi untuk pasar Italia dengan judul "Gigi la Trottola" pada 1983.

Real
Selain Slam Dunk, Real adalah komik basket sukses lainnya dari Takehiko Inoue. Bedanya, Real bercerita tentang pemain bola basket dengan kursi roda. Diserialkan pertama kali sejak tahun 1999 di Weekly Young Jump dan dibukukan oleh pihak Shueisha. Meski tidak sepopuler Slam Dunk, Real mengambil sudut pandang cerita yang lebih serius dengan pembangunan karakter yang lebih matang dan set yang lebih nyata. Target yang dituju juga untuk pasar yang lebih dewasa.

0 komentar: